Wednesday, September 4, 2013

Yeayyy punya PASPOR!

Desember 2011

Berangkat keluar kota pertama kali sendirian, setelah bertahun-tahun kemana-mana dianter papa, dalam rangka pengen hadir acara OOM (Oriflame Opportunity Meeting) di Bandung, nebeng mbak Retno janjian di UKI, lalu lanjut ke Bandung disetirin pak Halik. Waktu itu level Senior Manager dan mbak Retno Manager 12%. mau rekognisii, eaaaa... Pada inget nggak? Ah bu manager 12%nya sekarang udah mau qual SGD, peluuukkk, kereeenn bangetttt!

Beli tiket banyak, dibagi-bagi ke jaringan yang hadir. Belum bisa make up, wkwkw, amburadul + "kumus2". Bela-belain ke Bandung karena ada duo kakak beradik nan fenomenal, Eka - Dian, dan pengen tau sharingnya beliau berdua ini, waktu itu mbak Eka dan Dian di level qual Diamond, paling cepet sedunia prestasinya, jadi sebagai abege saya teh pe na sa ran. Ada 4 orang yang duduk di sofa paling depan di kursi VIP waktu itu kalau nggak salah, Mbak Eka, Dian, mbak Nurul Abidah dan teh Mia.



Pertama kalinya dengerin teh Mia Kusumawati, yang iihhh suka banget kalo ngomong jleb jleb jlebb, yang bilang begini, yang saya ingetttttttt terus sampe pulang ga bisa tidur, dan bulan-bulan berikutnya juga tetep kepikiran:

"Nyetir dari Jakarta ke Bandung, ga berasa capeknya lho kalo naik CRV #eaaaa
Sudah tau Diamond's Heaven? apa itu? Penghasilan puluhan juta? Mobil CRV gratis? Jalan-jalan keluar negri setahun 2x?
Bukan, bukan itu. Heaven's nya itu kalau dengan semua itu kita bisa memberikan sekolah yang bagus buat anak-anak, bisa bahagiakan keluarga, bisa bahagiakan orangtua, bisa membuat mereka bangga."

Iya betul. Uang bukan segalanya. Tapi efeknya, kita jadi punya pilihan, kita bisa memilih. Tujuan berbisnis Oriflame supaya punya uang, uangnya buat apa? Dipergunakan untuk apa? buat siapa?

Teh Mia cerita yang dulu suka naik travel subuh-subuh untuk kasih training, jaman masih di Bandung baru ada sedikit sekali konsultan d'BCNnya, sampai beberapa waktu kemudian waktu OOM itu seruangan penuuhhh. Buah perjuangannya, sekarang sudah jadi Diamond. Salut! :)

Lalu kata mbak Eka, dian, hehiehiehie saya rekam di hape. Hapenya udah rusak sekarang, tapi kata-katanya ga pernah lupa. Bahwa orang luar hanya melihat bagaimana prestasi mereka ini cepat, dianggap serba gampang, serba instan, padahal wah ya kerja keras untuk mencapai itu semua. Ini bisnis profesional, kerjaanya profesional, jadi harus dikerjain dengan profesional juga. Income juta-jutaan itu nggak datang sendiri tanpa kita melakukan apa-apa.  
2 kunci suksesnya adalah:
1. Rekrut
2. Quality training dari awal masuk. Jadi mendapat ilmu kenapa harus mantab di bisnis ini sedari awal.

Duduk, nyatet, rekam. Walaupun dapet ilmu secara garis besarnya aja, walaupun masih "haah, apaan yaa maksudnya", wkwkwk... Itu hal berharga banget, selanjutnya tinggal improvisasi aja sesuai dengan ilmu dan kemampuan. Merasa beruntung banget bisa dateng, melihat langsung orang-orang yang sudah berhasil, yang mempertebal keyakinan juga bahwa, "oh mereka bisa ya", insyaAllah juga saya dan jaringan bisa seperti mereka.

Efek melihat contoh nyata itu luar biasa lho, jadi semangat dan jadi mupeng, wkwkwkw... Pokoknya kita pasti bisa dot com deh! :D
Makasiiihhh teh Mia, mbak Eka, Dian, mba Nurul (mb Nurul waktu itu bercerita beliau adalah mantan pegawai bank, kemudian pindah tapi tetep bisa kerjain bisnis ini dari Singapura).

Mei 2013.

1.5 tahun kemudian, 2 hari yang lalu saya gedabrukan bikin paspor (penyakit ga baik sukanya dadakan), karna diminta kumpulin scan paspor sama ASM.
Dateng ke Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, tiap hari saya lewatin dulu waktu masih kerja, dulu ya ngelirik doang nggak mimpi akan masuk kesitu :)

Bikin paspor soalnya si ibu ini mau keluar negri, euy! :D Ikutan Gold Conference nya Oriflame di Dubai Agustus nanti, qiqiqiq...

Saya dulu kerja di operator telekomunikasi, bagiannya udah pas banget, ngurusin International Roaming, kerjaannya bikin agreement sama operator di luar negri (lewat email aja hehehe) supaya kalo kartu selulernya dibawa keluar negri tetep bisa dipakai. Banyak acara-acara seminar di luar negeri juga kalau kerja di Divisi saya ini.

Tapi saya nggak pernah berangkat, karena apa? status karyawan outsource waktu itu. Untuk bisa keluar negeri haruslah pegawai tetap.
Saya tidak lolos seleksi pegawai tetap karena apa? karena ketika seleksi saya sedang hamil besar Kintan, anak yang pertama... :)
Jadi bisa keluar negri hanya impian semata, walaupun itu ada di depan mata :)
Di depan mata lihat teman2 1 Divisi bisa bolak balik ke luar negri, tapi alhamdulillah masih inget saya, suka dikasih oleh2 :)
Alhamdulillah juga kulkas saya ibarat yg ngewakilin saya ngerasain efeknya, jadi banyak tempel2annya hehehe....

Diamond's heaven yang pertama, insyaAllah menebus impian bisa keluar negeri (pingin tau rasanya). Polos dot com, wkwkwk, gapapa biarin, namanya juga belum pernah.. :D Nulis keinginan setahun lalu disini --> http://yuliamaki.blogspot.com/2012/03/dubaiiii-im-cominggg.html

Senengnya, syarat tercapai untuk bisa ajak papa, ahhh bapak2 imut serba bisa ini... Yang gak pernah gengsian bantuin istri... Waktu ngontrak lagi hamil Kintan, beliau yang nyuciin baju, akibatnya banyak baju yang jadi bermotif dian pelangi alias luntur gara2 sering kelupaan ngerendem... 3 hari kemudian baru inget punya rendeman baju, erghhghghg.... Ya gakpapa, tetep lah bapak luar biasa, pagi2nya jemur baju depan kontrakan, dengan background suara tante2 tetangga, "waah pak andriii rajin yaa", wkwkwkw... :D suwiwiiittt!! (sayang ga ada potonya)

Impian yang tertunda, dari waktu hamil anak pertama, baru akan terwujud hampir 8 tahun kemudian, dan ternyata kendaraan saya untuk mewujudkan impian ini adalah Oriflame dan d'BCN. Kebayang kah 8 tahun lalu? nggak sama sekali :)

Panjang jalannya, panjang ceritanya. Beneran disini saya jadi belajar untuk mikir jangka panjang. Kalau saya dulu nggak terpaksa keluar kantor mungkin saya nggak jadi bakul kue, mungkin saya nggak akan akrab dengan dunia online, saya nggak tau apa itu d'BCN, saya nggak ketemu dengan mbak Astri, saya nggak ketemu dengan team hebat saya saat ini.

Yang kita dapat saat ini nggak tiba-tiba dapet durian runtuh, rejeki nomplok, tapi karena akibat keputusan-keputusan yang kita bikin di masa lalu, walaupun keputusan2 kecil yang kita buat setiap harinya.

Tidur siang apa baca ebook ya?
Nonton tipi apa baca eTraining ya?
Masak apa beli ya? Beli soto apa sate padang? #eh ini saya doang sih, wkwkwk...

Termasuk keputusan, duh dateng training nggak ya, jauh, males, mendung, panas, ngantuk, ngantri, lagi bete, duit segini-gininya ga ada buat ongkos. Dan beberapa puluh juta alasan lainnya, yang kalo kita bisa milih, pilihlah hal yang mungkin bisa membawa perubahan hidup buat kita, walaupun capek, walaupun untuk itu mesti berpanas-panasan, meninggalkan zona nyaman.

Bersyukur banget saya dateng OOM di Bandung 1.5 tahun lalu, duduk menyimak di kursi penonton, keputusan yang sangat saya syukuri sampai dengan saat ini, karna setelah menyaksikan testimoni dari para leaders yang sudah duluan berhasil, saya jadi pulang dengan semangat, jadi semangat rekrut dan semangat untuk belajar terus supaya bisa kasih apa yang namanya traning yang berkualitas untuk jaringan.

Bersyukur atas keputusan inbox mbak Astri 1.5 tahun lalu dan nanya "mbak ceritain tentang Oriflame mu dong" :D Keputusan untuk join MLM produk kosmetik walaupun di awalnya saya anti setengah mati urusan dandan, baju gak mecing juga semau gue "apa lu liat2, gak suka gak usah liat!" wkwkwkw... Belajar dandan walau di awal2nya kayak baru digamparin. Tapi keputusannya belajar terus, karna bisa itu kata mbak Astri karena biasa, biasa karena pembiasaan. Dipaksa, biar biasa.

Eh ini tadi mau cerita soal apa sih? wkwkwk... Iya intinya soal jalan hidup, soal keputusan-keputusan yang kita buat setiap harinya, kalau kata Eyang Astri "pastikan setiap detik kita Manfaat".
Bener banget. Keputusan kecil yang kita buat bisa bikin pengaruh besar dalam hidup kita ke depannya.

Jadi jangan khawatir yang saat ini masih berjuang dalam pencarian coreteam.
Yang masih kayaknya "serba susah", ah tenang aja, pasti berhasil, asal gak berhenti belajar... Kumpulin pengalaman karna itulah ilmu yang paling berharga.

Saya juga masih belajar kok, belajar disiplin, belajar gak pake alesan kalo mau berhasil. Belajar jalan terus. Kan sing tekun mesti tekan. Sing telaten mesti panen, kata ibu saya :)

Salam penuh semangat!
Yulia Riani, qual Diamond
#yang masih seneng bianget karna udah punya paspor... :D









Gold Cruise 2014 keliling 3 negara, 6 kota, 8 hari, insyaAllah YAKIN banyak teman2 di jaringan saya yang ikut serta yaaa! Jangan ketinggalan, kita jalan2 gratis bersama Oriflame :)

#Special thanks, tentunya teman-teman rekan kerja di jaringanku yang membuat impian ini nyata, yuk semangat terus, jemput impianmu, jalani prosesnya dengan bangga :) emakku pembuka pintu rejekiku di Oriflame, mbak Astri yang cantik, role model impian :) Teh Mia yang bikin terpukau dengan speechnya. Tante Eka dan Dian the fastest Diamond in the world, kagum ga abis2. Terimakasihhhh banyak atas inspirasinya :)


---

Yulia Riani/Andri Wibowo
email : makidanpaki@gmail.com
FB Page : makidanpaki
BBM : 7571F860
LINE ID : dryae

No comments:

Post a Comment