Wednesday, November 7, 2012

6 tahun d'BCN, Edisi Bersyukur

Saya tahu d'BCN udah lama. Sudah beeertahun-tahun. Tapi nggak mau join. Males. MLM sih. MLM, kayak gimana sih? Kan yang dibilang suka impossible naik level kalo nggak punya modal gede. Yang enak yang di atas-atas aja, mendzalimi yang bawah-bawahnya. Dipaksa dengan target yang harus tercapai. Harus jualan sekian. Harus muka tebel ditolak-tolak sejagat raya. Harus mau dipandang nyinyir oleh orang-orang sekitarnya. 

Begitukah yang anda pikirkan sekarang? :) Duh, sayang banget kalo mikirnya begitu :) 

Saya pernah nulis note, semua perjalanan saya di Oriflame ada di blog ini yawww.yuliamaki.blogspot.com

Jadi awalnya saya di Jakarta ini, sama seperti keluarga lain, berdua sama suami, ngontrak. Pindah ke pinggiran, di Depok, yang amit-amit minggirnya, wkwkwkw...(www.mamakintan.blogspot.com)... Punya anak, saya resign, kerja dari rumah jadi bakul kue. Wirausaha ceritanya. Nyari duit dari rumah. Alhamdulillah ya, punya web keren beginiwww.makicakes.com, dan kue-kue keren, ngajar kursus sampe ada yang dari luar negri bela-belain dateng, padahal hasil karya saya juga masiiih banyak yang melebihi. 

Dari seorang perantau di Jakarta, saya mencoba survive dengan segala keadaan, gak gampang lembek dengan situasi. Mengerjakan semua dengan konsisten, segala yang saya mulai dengan niat baik harus saya jalankan dengan baik, dengan kesungguhan, yang di dalam membangun bisnis kue itu diawali diantaranya dengan naik motor berdua dengan suami panas-panasan nganterin, nggak tidur, nggak istirahat, tapi dengan keikhlasan menjalani semua proses, saya yakin kok, akan indah pada waktunya. Modal saya nggak besar, tapi dukungan suami dan keluarga tidak ternilai besarnya pada waktu itu :) 

Ketika saya memulai karir di Oriflame, saya sadar bahwa segala sesuatunya akan dimulai dari 0, from zero, from nothing. Dan modal terbesar itu bukanlah uang untuk TUPO. Modal paling besar adalah besarkan NIATmu dalam hati, bahwa apapun konsekwensinya, bagaimanapun jalannya, berusahalah sekuat tenaga untuk berhasil. Punya PASSION, punya SEMANGAT, dalam kondisi apapun, di saat bonus kecil ataupun bonus besar, bonus naik ataupun turun, di saat ditinggalkan oleh leader, atau mendapat donlen baru. Kata temen-temen di jaringan kalo kita lagi nyengir bareng karna sesuatu yang nggak enak "UDAH TELEN AJA TELEEEN..." wkwkwkw.... 

Berdiri tegak dan maju terus apapun situasinya. 
Semangat terus dari mulai 128ribu gaji pertama. 
Memantaskan diri untuk menjadi downline yang dibanggakan oleh upline. 
Menjaga nama baik diri sendiri, menjadi orang yang konsisten, tidak balik badan karena hambatan. 
Menjaga kepercayaan dari ribuan downline yang sudah menyetorkan KTP nya di bawah nomor konsultan saya. 
Berusaha menjadi pemimpin dengan tidak menyuruh tapi mencontohkan. 
Berusaha. 

Saya bersyukur, karena bersedia melewati badai-badai itu dan tetap ada disini. 
Saya bersyukur, karena selalu ada yang menepuk bahu ketika saya berhasil, mengelus bahu ketika badai itu "agak berat", dan mengelap air mata ketika bersedih. Merekalah teman-teman saya di jaringan ini. 
Ketika banyak sekali kekurangan saya sebagai leader, mereka menerima saya apa adanya dan tetap bersemangat untuk belajar bersama-sama :) 
Bersyukur, atas adanya mereka di hidup saya. 

Bersyukur yang lebih "pribadi"...
Beberapa bulan FOKUS di Oriflame, saya mendapat amanah hamil anak ke 3. 
Hal yang tepat untuk beralasan "capek ngapa-ngapain, males, pingin tidur, kaki capek jalan karna berat, pinginnya santai di rumah, toh suami udah gajian ini tinggal minta...."
KLOP banget. Mana rumah saya sejuuk, enak banget buat tidur :D
Tiap kali hamil, 2 bulan pertama, biasanya saya jobless, karna mabok, sedangkan kerjaannya bakul kue, lha nyium bahan kue pusing, jobless kan = payless, atau apalah namanya, ga ada duit maksudnya, karena memang ga bisa kerjain apa2, wkwkwkw.... 
Bersyukur, karena walopun mabok leptop masih kepegang, BB masih kepegang, Oriflame jalan terus, walaupun porsi mengunjungi temen-temen di luar kota harus dikurangi karena nggak bisa bepergian jauh dulu. 
Bersyukur, tetap berpenghasilan di saat diri ini mabok-maboknya. 
Sampe berulang kali berterima kasih sama upline, mbak Astri, karena sudah dibimbing dan diyakinkan untuk terus berjuang disini. Ternyata, hasilnya, untuk saya juga.... Nuwun mbak :) 

Sing TEKUN mesti TEKAN, berusaha saya buktikan :) 

Di 10 bulan ini, di level Gold Director saya (iya saya, karena saya yakin nanti akan ada banyak sekali Gold Director di jaringan ini termasuk anda juga lho, rekan-rekan MANFAATku... ), di akhir-akhir ini, banyak yang nanya "mbak kok cepet sih? bagi TIPSnya dong... Ngerekrutnya gimana kok bisa banyak?"

Buat saya, there are nooo TIPS ini dan itu. 
Anda sudah tau teorinya. 
Apakah itu? 
YAKIN. 
PASSION. 
Anda tidak yakin, tidak punya passion, tidak bersemangat, bahkan mengumbar ketidaksemangatan itu, apakah orang lain akan percaya bahwa anda orang yang tepat sebagai upline/mentornya? 

Bersyukur artinya mengoptimalkan apa yang anda punya, tanpa terlalu ingin tau dengan apa yang orang lain punya, karena yang sudah berhasil artinya melakukan sesuatu yang LEBIH yang belum kita lakukan. Bisa jadi itu bukan LEBIH MODAL ya, wkwkwk, tapi LEBIH YAKIN, LEBIH SUNGGUH-SUNGGUH, dan tentunya LEBIH dalam USAHA dan KERJA KERAS. 

Selamat ulangtahun ke 6 d'BCN, tahun ini tahun pertama saya ikut merayakan keberhasilanmu, di tahun-tahun sebelumnya saya berdiri di barisan penonton penasaran karena terlalu banyak gengsi dan suudzon. Alhamdulillah, bersyukur, tahun ini saya dengan tulus berterimakasih karena sudah menjadi bagianmu....


Yulia Riani 
Gold Director + Qual SGD


---

Yulia Riani/Andri Wibowo
FB Page : makidanpaki
BBM : 7571F860
LINE ID : dryae

No comments:

Post a Comment