Wednesday, July 18, 2012

Yang pasti-pasti aja, deh!

Kadang kalo lagi ngobrol sama rekan kerja, yang kebetulan downline, atau lagi ngajakin temen:

"Mbak, banyak yang bilang, ini susah, karna kan bonus tiap bulannya nggak pasti, nggak kayak kerja kantor, gajinya udah pasti..."

Sejak 4 tahun yang lalu, memang saya gaulnya sama hal yang nggak pasti nggak pasti, jadi kalo ini salah analisa yah salahin saya aja, namanya juga kurang pengalaman :) 

Jadi bakul kue, duitnya pasti? enggak juga... 
Kalo mau duitnya gede, yaa omzetnya gedein... 
Omzetnya digedein konsekwensinya harus apa? Bisa karyawan dibanyakin, bisa jam kerjanya ditambahin.... 
Ambil lebih banyak orderan kue, lebih banyak begadang, resikonya ya kepala lebih mumet, badan lebih tepar.... 
Kalo mau duitnya gede, ambil resikonya juga harus berani lebih gede ^_^ itulah dunia penghasilan yang "tidak pasti" hehehe.... 

Kalau kerja kantor gajinya pasti? Mungkin, tapi dalam kondisi tertentu. 
Kondisi itu misalnya, mungkin (karna saya bukan HRD perusahaan jadi ya ini kira2 aja siih), apabila, jikalau:
Kondisi perusahaan dalam keadaan stabil. 
"Perusahaan tempat saya kerja stabil mbak, saya udah nyaman banget, betah, temen2 kerja juga enak!" 
Aamiin... Alhamdulillah yaa... 
Yang saya tau, bahwa di perusahaan itu, senyaman apapun kita kerja, sekondusif apapun lingkungannya, ada yang namanya pindah department, pindah divisi, pindah gedung, ganti boss, ganti investor, ganti management, ganti kebijakan, pensiun dini, mutasi keluar daerah, pemutusan hubungan kerja, dll. 
Itu ada sepertinya di perusahaan apapun :) Tapi mungkin jarang dibahas, jadi seakan-akan nggak ada. 
Jadi kalo kerja kantor nggak ada resikonya, saya pikir kok ada juga sih... Spt di atas... :) 

Suami saya juga ngantor kok... Makanya saya berjibaku dengan hal-hal yang penghasilannya dibilang "tidak pasti" ini, supaya walopun di rumah gini, bisa jadi backup andaikan beliau sampai suatu saat mungkin mutasi ke daerah di luar Jakarta (mungkin promosi naik pangkat ya paa :D, aamin), dimana kerjaan kue tidak bisa saya langsung pindahkan dengan mudah semudah membalik telapak tangan, karena pangsa pasar Jabodetabek dengan daerah lain tentu saja berbeda. Walaupunnn "rejeki sudah ada yang mengatur", saya juga penganut "persiapkan payung sebelum hujan"... :) 

Hujan nggak hujan pokoknya diusahakan payungnya udah punya, gitu aja. 

Kerjaan apa yang penghasilannya pasti? Kalau di kantor penghasilannya pasti, apakah ada jaminan kenaikan gaji dengan pasti sepasti inflasi? 

"Capek ati mbak ditinggalin downline" 
ya sabar ya mbak... lebih capek perjalanan ke kantor senin-jumat mbak, lembur, dll... :) 
"Capek amat mbak, training ini training itu" 
nggak tiap hari kaliii, training cuman sabtu atau minggu aja, sebulan berapa kali sih... itu juga nggak wajib, cuman buat yang ngerasa butuh kok... 

Di setiap hal yang kita kerjain pasti ada resikonya. 
Dari sisi penghasilan kah, pekerjaan kah, apapun itu. 
Batere juga ada + dan - nya, kalo + semua malah nggak idup. 

Sepertinya nggak ada kerjaan yang hasilnya pasti. 
Yang bisa kita lakukan cuma berusaha untuk pasti bisa menghadapi setiap perubahan, karena perubahan itulah satu-satunya hal yang pasti

2 minggu yang lalu pun saya ketemuan makan siang ditraktir oleh ibu-ibu ex kantor lama, salah satu perusahaan telekomunikasi ternama, yang saya gagal dalam tes penyaringan karyawan tetapnya :) 8 orang yang hadir, 2 masih ada di perusahaan tsb, 2 sudah pindah perusahaan, 4 lainnya ada yang pensiun dini, ada yg resign, termasuk saya... :D 

Comfort zone will not last forever. Segala sesuatu yang mungkin perfect untuk sekarang, belum tentu juga di masa depan. 

Bergerak yuk untuk menuju zona yang lebih nyaman lagi.

Oriflame gajinya bisa turun, tapi BISA NAIK tergantung seberapa keras usaha yang kita lakuin. Tapi ini bukan kerjaan ongkang-ongkang kaki nggak ngapa2in... :) Dengan resiko kecil, produk sudah ada, pangsa pasar sudah jelas, nggak perlu njelimet untuk segera memulai, support lengkap dari jaringan dengan pertumbuhan tercepat, d'BC Network, buat saya ini adalah "payung" yang akan bisa melebar seiring perjalanan waktu dan kerja keras. Jangan alon-alon asal kelakon, kalau bisa dikebut kenapa enggak?? Bisa? BISA. Hanya mau atau tidak mau. 

Punyai mimpi, beranikan diri, ambil resiko, dan belajarlah seiring perjalanan... 

Selamat menuju the new comfort zone! Kebuuut naik levelnyaa!!



---

Yulia Riani/Andri Wibowo
email : makidanpaki@gmail.com
FB Page : makidanpaki
BBM : 7571F860
LINE ID : dryae

No comments:

Post a Comment